HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Belawan Budaya BUMN/BUMD Daerah dprd Ekonomi headline hukum Internasional kabupaten Tapanuli Utara Kesehatan kota pematangsiantar Kriminal labuhan batu Nasional Olahraga Opini Pendidikan Politik & Hukum Redaksi Sergai simalungun Tebing Tinggi Teknologi

Daerah

Kriminal

Header Ads

ad

Kuatkan Bisnis Usaha Masyarakat Desa, Samsul Sijbat, SE MM, Ciptakan OPLED RAMAI

Prospeknews.co.id-Program Optimalisasi Pemberdayaan Lembaga Usaha Ekonomi Desa Melalui Ruang Belajar Masyarakat Inovatif ( OPLED RAMAI), merupakan salah satu Media Informasi Pemberdayaan Ekonomi Desa, yang bertujuan untuk menguatkan bisnis usaha masyarakat Desa di Kabupaten Serdang Bedagai.

OPLED RAMAI ini terbentuk atas sebuah ide  dari seorang Kepala Bidang (Kabid) Usaha Ekonomi Desa Dan Pembangunan Kawasan Pedesaan di Dinas PMD Sergai, Samsul Sijabat, SE, MM, sebagai bagian dari tahapan laboraturium kepimpinan diklat Pim III Tahun 2019 di PUSLATBANG KHAN di Banda Aceh.

Ruang belajar ini pun sudah beberapa kali di sosialisasikan. Pada tangal 31 Jui 2019, ini disosialisakan di aula Pemkab Sergai, dengan menghadirkan para Camat dan para Kepala Desa se-Kabupaten.  Kemudian ini di sosialisasikan lagi pada tanggal 8 Agustus 2019, di Wing Hotel Kuala Namu Kabupaten Deli Serdang, yang menghadirkan para OPD di Pemkab Sergai. 

Samsul Sijabat,SE,MM, mengatakan kepada awak media ini diruang kerjanya, di Kantor Dinas PMD sergai, Senin (26/8) bahwa OPLED RAME  ini merupakan Media Informasi Pemberdayaan Ekonomi Desa yang bertujuan untuk menguatkan Bisnis Usaha Masysrakat Desa. 

"Program Optimalisasi Ekonomi Desa di Sergai persoalannya adalah lembaga lembaga yang ada di Sergai baik itu bentukan desa, baik bentukan lembaga Kerjasama Antar Desa, belum seutuhnya dapat berdaya terhadap penguatan bisnisnya, pengembangan produknya,  keuangannya,  pemasarannya, sampai kepada Advokasinya,  serta kemitraan usahanya juga", ungkap Samsul Sijabat. 

Samsul juga menambahkan bahwa,  dari semua usaha usaha yang dilakukan oleh masyarakat itu memiliki persoalan.Dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean yang telah di gaungkannya Revolusi industri 4.0, harus kita kuatkan dan berdayakan ke masyarakat secara menyeluruh sesuai dengan keinginan kita yaitu membangun Indonesia dari Desa.

Maka kita sediakan Ruang Belajar Inovatif untuk menyediakan jasa layanan tehnis kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha. Seperti digital marketing, penyiapan akses pasar terhadap produk, kemudian izin -izin usahanya,bagaimana  pola- pola menagemen keuangan  yang baik.

Dan ini bukan untuk hanya pada pola-pola lembaga ekonomi Desa, bentukan Desa, tapi secara menyeluruh untuk bisa mendapat dukungan dari lintas OPD yang ada program program tentang perekonomian Desa.  Nah ini wujud dari pada ide gagasan untuk merubah dalam area perubahan diklat Pim III saya secara pribadi agar semua usaha -usaha yang ada di Desa itu dapat berdaya saing sehingga sumberdayanya unggul,Indonesia maju,ungkap Samsul, Sahabat,SE,MM. 

Itulah tujuan akhir dari pada OPLED RAMAI dibentuk dimasing masing Kecamatan, karena pemangku kebijakan di Kabupaten Serdang Bedagai di Dinas PMD ini adalah Kepala Dinas, dan saya selaku Kabid menjalankan program, dan kita idekan program baru, ide ide baru bagian dari inovatif. Inovatif inilah yang menjadi satu gagasan kita namanya Ruang Belajar Inovatif. Saat ini dengan waktu 2 bulan baru terbentuk di Kecamatan Pantai Cermin dan program masa panjangnya dan menengah  akan terbentuk di setiap kecamatan, tutup Samsul sahabat, SE, MM.   (Aripin). 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *