HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Belawan Budaya BUMN/BUMD Daerah dprd Ekonomi headline hukum Internasional kabupaten Tapanuli Utara Kesehatan kota pematangsiantar Kriminal labuhan batu Nasional Olahraga Opini Pendidikan Politik & Hukum Redaksi Sergai simalungun Tebing Tinggi Teknologi

Daerah

Kriminal

Header Ads

ad

Bupati Sergai Buka Lomba Masak Ikan Dan Gelar Dagang Dalam Rangka HARGANAS XXV Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018.

Prospeknews.com, Sergai - Dalam rangka Harganas XXV Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018, Bupati Serdang Bedagai ( Sergai ) , Ir.H.Soekirman , membuka lomba memasak ikan dan gelar dagang , di Pantai Pondok Permai, Pantai Cermin, Selasa ( 18/9 ).
   
Acara yang bertemakan "Ragam menu masakan ikan untuk kesehatan masyarakat dalam mendukung Sergai yang Unggul Inovatif dan Berkelanjutan", dihadiri oleh,Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GPPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Kepala BKKBN provsu Drs. Temazaro Zega M.Kes, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Provsu dr. Ria Novida Teleumbanua, M.Kes, Kadis P2KBP3A Hj. Irwani Jamilah, M.Si, Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, Rombongan TP PKK Provsu, Camat Pantai Cermin Drs H Benny Saragih, MM, Ketua TP PKK kecamatan dan Kader PKK, penyuluh KB, Genre serta undangsn lainnya.

Kadis Kanla Sri Wahyuni Pancasilawati, SP, M.Si, melaporkan , tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan ,keanekaragaman masakan berbahan ikan dan inovasi dalam olahan ikan, olahan masak berbahan baku ikan. Selanjutnya meningkatkan konsumsi ikan dalam negeri, melakukan promosi ikan dalam negeri serta menjalin kerjasama antar pedagang se Provsu.

Sedangkan sasarannya dalah agar terciptanya  masakan berbasis ikan, mengedukasi serta mendorong tumbuh kembangnya anak melalui masakan ikan .Sedangkan untuk kegiatan Gelar Dagang terditri dari 26 stand UKM se Sumut, lombak masak ikan sebanyak  17 peserta dari TP PKK kecamatan se sergai. Kepada pemenang pada lomba masak ikan ini akan diikut sertakan pada tingkat provinsi mendatang.  Adapun menu yang diperlombakan menu untuk keluarga, menu kudapan dan menu untuk balita, katanya.

Sambutan Ketua TP PKK Provinsi  Ny Nawa Lubis Ramayadi yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman, mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama BKKBN dan dukungan penuh dari stakeholder terkait serta masyarakat Sergai. Selain itu juga kegiatan ini sangat positif karena untuk menggalakkan gerakan masak ikan dan membudayakannya di kalangan masyarakat. 

Seperti kita ketahui bahwa profesi masyarakat Sergai sebagai nelayan mencari ikan.  Oleh karenanya Ikan sebagai sumber protein terbesar yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak hendaknya dapat dikonsumsi bagi seluruh lapisan masyarakat luas.

Tahun ini Kabupaten Sergai dipercayakan untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan yang diadakan antara lain pameran dan gelar dagang dari kelompok UPPKS se sumut, Pelayanan KB gratis, penyerahan lomba kepada pemenang serta berbagai penampilan dari putera-puteri Sergai. Pada peri gatsn Harganas XXV tingkat Provsu tahun 2018 merupakan suatu kegiatan komprehensip terpadu bersama- sama membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera.Ujar Ny.Nawa Lubis melalui Hj.Maliah Soekirman.

Sambutan Kepala BKKBN Drs. Temazaro Zega, M.Kes, mengatakan, setiap daerah wajib melaksanakan kegiatan Harganas setiap tahun. Untuk Provsu peringatan Harganas dipusatkan di Kabupaten Sergai. Kegiatan ini dilakukan di kabupaten/kota yang program kegiatannya terkait sudah maju meraih prestasi di bidang keluarga berencana.
  
Sedangkan dalam kegiatan gelar dagang seluruh peserta se sumut dapat berpartisipasi disini.  Perayaan Harganas ini yang paling penting adalah bagaimana kegiatan ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Adanya stunting  dibeberapa daerah seperti Langkat, Padang Lawas, Nias Utara dan Gunung Sitoli. Hal ini tentu akan menjadi  prioritas dalam penanganannya. Oleh karena itu, masyarakst dihimbau agar lebih banyak mengkonsumsi ikan sehingga akan dapat meningkatkan gizi bagi anak2, ungkapnya.

Sementara itu Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman sekaligus membuka acara, mengatakan, saat ini kita sedang menggalakkan masak ikan, Idonesia masih jauh tertinggal  dari negara Jepang terkait tentang konsumsi iksnnya. Orang-orang dahulu makan bersama dengan keluarga yang menunjukkan keakraban dan kebersamaan. Bukan makannya ysng utama namun yang  terpenting kebersamaan dslsm keluarganya.

Selanjutnya dikatakan Bupati bahwa keluarga sebagai tatanan kelembagaan terkecil menjadi sebuah kekuatan dari yang terkecil hingga terbesar di suatu daerah. Dan saat ini makan bersama sudah mulai langkah terjadi.

Terkait dengan Kabupaten Sergai banyak terdapat jenis-jenis ikan, untuk meningkatkan suatu daerah  lewat pariwisatanya maka harus dikelola marketing riset seperti transportasi  akomodasi dan konsumsi. 

" Hari ini diadakan lomba masak ikan dan gelar dagang, namun saya berharap untuk label halalan toyiban bukan masalah SARA akan tetapi untuk peningkatan penjualannya," Ungkap Bupati.
 
Bupati soekirman menyambut baik supaya menggairahkan terutama produksi ikan di Sergai. Bagi yang menang dalam lomba masak agar dipromosikan untuk menjadi menu khusus di lokasi pariwisata dan hotel sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Diakhir acara dilakukan pengumuman lomba dari Tim Juri Iwan Priyadi, Juara I Lomba masak ikan, dari kecamatan teluk Mengkudu, Juara 2 dari Kecamatan Perbaungan, dan Juara Ke 3 dari Kecamatan dolok Merawan.Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan meninjau lomba menu masakan serta peresmian gelar dagang Sergai.( Aripin )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *