HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Baksos Bansos Batam Belawan Budaya BUMN/BUMD Daerah DAIRI Dirlantas Ekonomi Gelar OPS Giat Ops Headline Hut Bhayangkara Internasional Kairo Kesehatan Kriminal Laeikan Mapolres Medan Narkotika Nasional Olahraga Opini PAKPAK BHARAT Pancur Batu Pemerasan Pendidikan Penemuan Ular Piton Raksasa Politik & Hukum Samsat Medan Utara Satlantas Sergai SINGKIL SUBULUSSALAM Sumut Tanjung Balai Tebing Tinggi Teknologi Tersengat Arus listrik Tegangan Tinggi

Daerah

Kriminal

Header Ads

ad

Banjir Kembali Melanda Tebing



Prospeknews.com,-Tebing tinggi 
Banjir kiriman Sungai bahbolon gunung kabupaten simalungun kembali melanda kota lemang Tebing tinggi ,banjir tahun ini lebih parah dari banjir sebelumnya ditahun 2001,sebayak 22 kelurahan di kota Tebing tinggi di landa banjir dengan ketinggian 70 senti meter hingga satu meter akibatya.
(4,833 kk)Kepala kelurahan, atau 19 ribu jiwa di evakuasi ke sejumlah Posko dan tenda yang di persiapkan Pemerintah Kota Tebing tinggi, cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi. Terjadi sejak jum,at malam, 1 Desember 2017, kemudian, air meninggi pada minggu dini hari 3 Desember 2017, air sungai  semakin naik hingga ke rumah warga.

Sebanyak 22 kelurahan itu berada di lima kecamatan di kota Tebing tinggi. Selain merendam ribuan rumah warga, mendapat fasilitas umum juga. Terendam banjir, seperti pasar Tradisional Rumah sakit dan Rumah sekola.

Banjir yang melanda Kota Tebing tinggi di sebabkan, meluapnya sungai sei padang dan sungai sei Bahilang dengan sungai sei Barau, yang melintas di Kota Tebing tinggi. Air sungai tidak mampu lagi menampung debit air,akibat hujan yang terus menerus sepanjang jum,at malam hingga sampai minggu 3 Desember 2017.

Wali kota Tebing tinggi, umar zunaidi mengatakan untuk menanggulangi keadaan darurat, para pengungsi banjir ini, sementara pemerintah Kota Tebing tinggi telah meyiapkan 18 ribu ton beras dan 10 ribu nasi bungkus yang sudah di salurkan kepada para pengungsi.

BNPB. Tebing tinggi, juga telah meyiapkan sembilan tenda untuk para pengungsi, sebagian warga telah mengungsi ke rumah ke luwarga yang lebih aman, ungkap umar.

Kepada warga masarakat, umar menghimbau agar waspada terutama terhadap arus listrik.jangan hidup kan lampu rumah yang kosong mengawasi anak anak yang bermain banjir, dan segera lakukan evakuasi para orang tua, jumpo dan wanita.

"Kepada camat dan lurah terutama yang daerahya terendam banjir, agar senantiasa waspada mengawasi wargaya. Jika memerlukan bantuan segera melapor dan kerja kan secepat mungkin, demikian juga petugas ke sehatan dari Denkes dan RSUD dr kumpulan pane, pantau terus kesehatan warga yang mengungsi, kataya.

Muhamad rais, Kota Tebing tinggi? Mengatakan banjir merupakan banjir terparah dalam kurun waktu limah tahun belakang ini.

"Seingat saya ini banjir terpara selamah limah tahun terakhir, kemudian, daerah Kota Tebing tinggi sudah terendam, mesjid Raya Tebing tinggi juga ikut terendam" kata Rais.

Sekertaris Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Tebing tinggi, HENDRA mengatakan, pihak ya  sudah melakukan evakuasi terhadap warga. "Kita juga sudah mendirikan tenda tenda pengungsian warga, di imbau mengikuti petunjuk petugas, tutur. HENDRA.

Sebayak 22 kelurahan yang terdapat banjir masing masing, kecamatan Tebing tinggi Kota, Kelurahan bandar utama(560 kk) Badak bejuang (250 kk) Tebing tinggi lama (75 kk) belum termasuk kelurahan mandailing dan Kelurahan Bandarsono.

Kecamatan padang hulu, Kelurahan pabatu (45 kk) Padang merbo (8 kk), Tualang (3oo kk), lubuk baru (155 kk),lubuk Raya (30kk), dan Kelurahan persiakan (45 kk),kecamatan bajenis, Kelurahan teluk karang (95 kk), Pinang mancung (80 kk),Bandar sakti (380 kk),Bulian (856 kk),dan Kelurahan Berohol (525 kk).

Kecamatan padang hilir, Kelurahan satria (42 kk),dan tambangan hulu (12 kk),di Kecamatan Rambutan, di Kelurahan sri padang (195 kk),KARYA JAYA (80 kk),Tanjung marulak (35 kk),dan Kelurahan Tanjung marulak Hilir ( 10 kk ),sampai saat ini masyarakat terus waspada akan banjir susulan yang akan datang. ( TAMSI )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *